Jumat, 22 Maret 2013

Tugas II Redoks (untuk kelas X-6)

Salah satu penerapan konsep redoks pada kehidupan sehari-hari, contohnya pada baterai recharge (charge ulang). Carilah artikel tentang baterai recharge.
1. Deskripsikan tentang proses recharge baterai yang dihubungkan dengan konsep redoks secara singkat,
2. Tulislah persamaan reaksi kimianya,
3. Tentukan reaksi oksidasi dan reduksi, serta oksidator dan reduktor dari persamaan reaksi di atas.



Petunjuk pengumpulan tugas:
1. Kerjakan soal tersebut pada buku tulis/ kertas ulangan/ folio, tulis nama/kelas/no di pojok atas.
2. Scan/ foto pekerjaan Anda dengan kualitas yang baik, jelas, dan tidak pecah jika dizoom.
3. Kirimkan hasil foto tersebut via email: trijanuardhaf@gmail.com paling lambat hari ini pukul 18.00 WIB. Pengiriman email wajib secara individual (tidak ada yang menumpang). format subjek email: tugas2_redoks_(kelas)_(nama)_(nomorabsen) 
4. Tidak ada susulan/ pengumpulan terlambat. Yang demikian, tidak diberikan toleransi dan berpengaruh terhadap nilai Anda. ingat semester 2 tidak ada remedi (langsung kenaikan kelas).

Tugas III (Lanjutan) Titrasi Basa Lemah dengan Asam Kuat (untuk kelas XI IPA 1, 4 dan 5)

Tentukan pH campuran jika 25 mL larutan NH4OH 0,1 M (Kb = 10-5) dititrasi dengan larutan HCl 0,1 M, saat:
      f. Setelah penambahan 26 mL HCl.
      g. Setelah penambahan 30 mL HCl.
      h. Setelah penambahan 40 mL HCl.
            i.  Buatlah kurva titrasi
Petunjuk pengerjaan:
f-g-h. ketika jumlah mol HCl lebih besar dari jumlah mol NH4OH, maka HCl masih ada sisa dan NH4OH habis bereaksi, sehingga tidak bersifat penyangga. penentuan pH sama seperti titrasi asam kuat dengan basa kuat (HCl dengan NaOH) dimana [H+] = mol sisa asam / Vtotal
i. kurva titrasi dengan sumbu x adalah Volume HCl yang ditambahkan, dan sumbu y adalah perubahan pH. masukkan data-data pH mulai nomor a - e (tugas II) dilanjut f - h di atas.


Petunjuk pengumpulan tugas:
1. Kerjakan soal tersebut pada buku tulis/ kertas ulangan/ folio, tulis nama/kelas/no di pojok atas.
2. Scan/ foto pekerjaan Anda dengan kualitas yang baik, jelas, dan tidak pecah jika dizoom.
3. Kirimkan hasil foto tersebut via email: trijanuardhaf@gmail.com paling lambat hari ini pukul 18.00 WIB. Pengiriman email wajib secara individual (tidak ada yang menumpang). Tulis (compose) email baru, jangan mereply email tugas sebelumnya. Format subjek email: tugas3_lanjutantitrasi_(kelas)_(nama)_(nomorabsen) 
4. Tidak ada susulan/ pengumpulan terlambat. Yang demikian, tidak diberikan toleransi dan berpengaruh terhadap nilai Anda. ingat semester 2 tidak ada remedi (langsung kenaikan kelas).

PEMBAHASAN_TUGAS_II_DAN_III_Basa lemah dengan asam kuat 

Selasa, 19 Maret 2013

Tugas III (Lanjutan) Titrasi Asam Lemah dengan Basa Kuat (untuk kelas XI IPA 2 dan 3)

Tentukan pH campuran jika 25 mL larutan CH3COOH 0,1 M (Ka = 10-5) dititrasi dengan larutan NaOH 0,1 M, saat:
      f. Setelah penambahan 26 mL NaOH.
      g. Setelah penambahan 30 mL NaOH.
      h. Setelah penambahan 40 mL NaOH.
            i.  Buatlah kurva titrasi
Petunjuk pengerjaan:
f-g-h. ketika jumlah mol NaOH lebih besar dari jumlah mol CH3COOH, maka NaOH masih ada sisa dan CH3COOH habis bereaksi, sehingga tidak bersifat penyangga. penentuan pH sama seperti titrasi asam kuat dengan basa kuat (HCl dengan NaOH) dimana [OH-] = mol sisa basa / Vtotal
i. kurva titrasi dengan sumbu x adalah Volume NaOH yang ditambahkan, dan sumbu y adalah perubahan pH. masukkan data-data pH mulai nomor a - e (tugas II) dilanjut f - h di atas.


Petunjuk pengumpulan tugas:
1. Kerjakan soal tersebut pada buku tulis/ kertas ulangan/ folio, tulis nama/kelas/no di pojok atas.
2. Scan/ foto pekerjaan Anda dengan kualitas yang baik, jelas, dan tidak pecah jika dizoom.
3. Kirimkan hasil foto tersebut via email: trijanuardhaf@gmail.com paling lambat hari ini pukul 18.00 WIB. Pengiriman email wajib secara individual (tidak ada yang menumpang). Tulis (compose) email baru, jangan mereply email tugas sebelumnya. Format subjek email: tugas3_lanjutantitrasi_(kelas)_(nama)_(nomorabsen) 
4. Tidak ada susulan/ pengumpulan terlambat. Yang demikian, tidak diberikan toleransi dan berpengaruh terhadap nilai Anda. ingat semester 2 tidak ada remedi (langsung kenaikan kelas).

PEMBAHASAN_TUGAS_II_DAN_III_Asam lemah dengan basa kuat 

Tugas II Redoks (untuk kelas X-7)

Salah satu penerapan konsep redoks pada kehidupan sehari-hari, contohnya pada aki (accumulator). Carilah artikel tentang aki.
1. Deskripsikan tentang aki yang dihubungkan dengan konsep redoks secara singkat,
2. Tulislah persamaan reaksi kimianya,
3. Tentukan reaksi oksidasi dan reduksi, serta oksidator dan reduktor dari persamaan reaksi di atas.


Petunjuk pengumpulan tugas:
1. Kerjakan soal tersebut pada buku tulis/ kertas ulangan/ folio, tulis nama/kelas/no di pojok atas.
2. Scan/ foto pekerjaan Anda dengan kualitas yang baik, jelas, dan tidak pecah jika dizoom.
3. Kirimkan hasil foto tersebut via email: trijanuardhaf@gmail.com paling lambat hari ini pukul 18.00 WIB. Pengiriman email wajib secara individual (tidak ada yang menumpang). format subjek email: tugas2_redoks_(kelas)_(nama)_(nomorabsen) 
4. Tidak ada susulan/ pengumpulan terlambat. Yang demikian, tidak diberikan toleransi dan berpengaruh terhadap nilai Anda. ingat semester 2 tidak ada remedi (langsung kenaikan kelas).

Senin, 18 Maret 2013

TUGAS II TITRASI BASA LEMAH DENGAN ASAM KUAT (untuk kelas XI IPA 1, 4, dan 5))


Tentukan pH campuran jika 25 mL larutan NH4OH 0,1 M (Kb = 10-5) dititrasi dengan larutan HCl 0,1 M, saat:
a.       Sebelum penambahan HCl.
b.      Setelah penambahan 10 mL HCl.
c.       Setelah penambahan 20 mL HCl.
d.      Setelah penambahan 24 mL HCl.
e.       Setelah penambahan 25 mL HCl.
Petunjuk pengerjaan:
a.Sebelum penambahan HCl, artinya NH4OH belum bereaksi sama sekali, maka penentuan pH nya menggunakan rumus basa lemah.
b-c-d. ketika jumlah mol HCl masih lebih kecil daripada jumlah mol NH4OH, maka HCl habis bereaksi dan NH4OH masih ada sisa, serta dihasilkan garamnya, sehingga bersifat penyangga basa.
e.pH Titik ekuivalen dari titrasi basa lemah dengan asam kuat berbeda dengan asam kuat dengan basa kuat (HCl dengan NaOH). Carilah dan gunakan rumus hidrolisis garam yang tersusun dari basa lemah dan asam kuat dengan Kw = 10-14.

Petunjuk pengumpulan tugas:
1. Kerjakan soal tersebut pada buku tulis/ kertas ulangan/ folio, tulis nama/kelas/no di pojok atas.
2. Scan/ foto pekerjaan Anda dengan kualitas yang baik, jelas, dan tidak pecah jika dizoom.
3. Kirimkan hasil foto tersebut via email: trijanuardhaf@gmail.com paling lambat hari ini pukul 18.00 WIB. Pengiriman email wajib secara individual (tidak ada yang menumpang). format subjek email: tugas2_titrasi_(kelas)_(nama)_(nomorabsen) 
4. Tidak ada susulan/ pengumpulan terlambat. Yang demikian, tidak diberikan toleransi dan berpengaruh terhadap nilai Anda. ingat semester 2 tidak ada remedi (langsung kenaikan kelas).

Minggu, 17 Maret 2013

Tugas II Redoks (untuk kelas X-5 dan X-8)

Salah satu penerapan konsep redoks pada kehidupan sehari-hari, contohnya pada proses penyepuhan logam. Carilah artikel tentang penyepuhan logam.
1. Ambil satu contoh penyepuhan logam terserah Anda,
2. Tulislah metodenya secara singkat,
3. Tulislah persamaan reaksi kimianya,
4. Tentukan reaksi oksidasi dan reduksi, serta oksidator dan reduktor dari persamaan reaksi di atas.

Petunjuk pengumpulan tugas:
1. Kerjakan soal tersebut pada buku tulis/ kertas ulangan/ folio, tulis nama/kelas/no di pojok atas.
2. Scan/ foto pekerjaan Anda dengan kualitas yang baik (tidak pecah jika dizoom).
3. Kirimkan hasil foto tersebut via email: trijanuardhaf@gmail.com paling lambat hari ini pukul 18.00 WIB. format subjek email: tugas2_redoks_(kelas)_(nama)_(nomorabsen) 
4. Tidak ada susulan/ pengumpulan terlambat. Yang demikian, tidak diberikan toleransi dan berpengaruh terhadap nilai Anda. ingat semester 2 tidak ada remedi (langsung kenaikan kelas).

Tugas II Titrasi Asam Lemah dengan Basa Kuat (untuk kelas XI IPA 2 dan3)


Tentukan pH campuran jika 25 mL larutan CH3COOH 0,1 M (Ka = 10-5)dititrasi dengan larutan NaOH 0,1 M, saat:
a.       Sebelum penambahan NaOH.
b.      Setelah penambahan 10 mL NaOH.
c.       Setelah penambahan 20 mL NaOH.
d.      Setelah penambahan 24 mL NaOH.
e.       Setelah penambahan 25 mL NaOH.
Petunjuk pengerjaan:
a.Sebelum penambahan NaOH, artinya CH3COOH belum bereaksi sama sekali, maka penentuan pH nya menggunakan rumus asam lemah.
b-c-d. ketika jumlah mol NaOH masih kurang dari jumlah mol CH3COOH, maka NaOH habis bereaksi dan CH3COOH masih ada sisa, serta dihasilkan garamnya, sehingga bersifat penyangga asam.
e.pH Titik ekuivalen dari titrasi asam lemah dengan basa kuat berbeda dengan asam kuat dengan basa kuat (HCl dengan NaOH). Carilah dan gunakan rumus hidrolisis garam yang tersusun dari asam lemah dan basa kuat dengan Kw = 10-14.

Petunjuk pengumpulan tugas:
1. Kerjakan soal tersebut pada buku tulis/ kertas ulangan/ folio, tulis nama/kelas/no di pojok atas.
2. Scan/ foto pekerjaan Anda dengan kualitas yang baik (tidak pecah jika dizoom).
3. Kirimkan hasil foto tersebut via email: trijanuardhaf@gmail.com paling lambat hari ini pukul 18.00 WIB. format subjek email: tugas2_titrasi_(kelas)_(nama)_(nomorabsen) 
4. Tidak ada susulan/ pengumpulan terlambat. Yang demikian, tidak diberikan toleransi dan berpengaruh terhadap nilai Anda. ingat semester 2 tidak ada remedi (langsung kenaikan kelas).


Jumat, 15 Maret 2013

TUGAS I REAKSI REDOKS (UNTUK KELAS X)


 Dengan konsep biloks, tentukan reaksi oksidasi dan reduksi, serta oksidator dan reduktornya:
 
a.       2 Al (s) + Fe2O3 (aq) ---> Al2O3 (aq) + 2 Fe (s) 

b.      Cl2 (g) + 2 NaOH (aq) ---> NaCl (aq) + NaClO (aq) + H2O (l) 

c.       KI + MnO2 + H2SO4 ---> I2 + MnSO4 + K2SO4 + 2H2O

d.    Pb (s) + PbO2 (aq) + H2SO4 (aq) ---> PbSO4 (aq) + H2O (l)

e.      MnO2 + 4NaCl + 2H2SO4 ---> MnSO4 + Na2SO4 + 2H2O + Cl2



Petunjuk pengumpulan tugas:
1. Kerjakan soal tersebut pada buku tulis/ kertas ulangan/ folio, tulis nama/kelas/no di pojok atas.
2. Scan/ foto pekerjaan Anda dengan kualitas yang baik (tidak pecah jika dizoom).
3. Kirimkan hasil foto tersebut via email: trijanuardhaf@gmail.com paling lambat hari ini pukul 18.00 WIB. format subjek email: tugas1_redoks_(kelas)_(nama)_(nomorabsen) 
4. Tidak ada susulan/ pengumpulan terlambat. Yang demikian, tidak diberikan toleransi dan berpengaruh terhadap nilai Anda. ingat semester 2 tidak ada remedi (langsung kenaikan kelas).

Pembahasan soal di atas dapat diunduh di Pembahasan_tugas_I_redoks